Tuesday, September 22, 2015

Etiket dan Tata Cara menghadiri resepsi pernikahan



Menghadiri resepsi pernikahan koq ada peraturannya sih? Koq semuanya serba peraturan dan peraturan dan peraturan.. etiket dan etiket dan etiket…?

Ahaa… beberapa waktu yang lalu, dalam menghadiri resepsi pernikahan, asal ada undangan ya datang, bawa kado, makan, salaman sama pengantin dan pulang deh..Lah sekarang? Kayaknya sudah banyak pesta pernikahan yang banyak aturannya. Ya ada RSVPnya, ada kode tempat duduknya, ada meja khusus, tamu VIP atau undangan undangan khusus dan lain sebagainya


Sedikit pendapat pribadi saya tentang undangan khusus ini. Secara pribadi, saya tidak begitu sreg dengan pesta seperti ini, dimana undangan khusus mendapat tempat dan perlakuan khusus, Sering juga batasan tamunya itu sedemikian strictnya, pake dibatasin 'pagar' dan dijaga penerima tamunya pula, sehingga kelihatan banget ada perbedaan kelas tamunya. Sering juga hidangannya berbeda

Beberapa kali saya mengalami hal ini. Misalkan saja pada saat toast/bersulang, undangan khusus disajikan dengan champagne atau wine, sedangkan undangan biasa ya cukup puas dengan soft drink saja. Saya masih bisa memaklumi jika undangan khusus hanya beberapa meja saja. Tetapi jika undangan khusus sudah puluhan meja, yaa gimana gitu ya…Ahaa tapi itu kan pendapat saya pribadi, semuanya juga kembali pada tuan/nyonya pesta.

Agar anda tidak salah membawa diri, yuk simak

Etiket dan tata cara menghadiri resepsi pernikahan


Banyak pos pos penting untuk hal ini sudah dibahas dalam artikel Etiket menghadiri resepsi dan Etiket di meja makan. Silahkan dibaca kedua artikel tersebut, karena kedua artikel itu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan artikel ini.

  • Jika menerima kartu undangan. Perhatikan keterangan dalam undangan, jika tertulis RSVP (singkatan dari Respondenz S’ll Vous Plait = harap dijawab) berarti anda wajib menjawab undangan itu. Hal hal detail tentang hal ini, silahkan simak pada artikel Etiket menghadiri resepsi
  • Sesampainya anda di tempat resepsi, jangan lupa mengecek lagi apakah anda benar benar masuk pada ruangan tempat anda di undang. Ha itu untuk menghindari kekeliruan salah masuk ruangan, karena sering juga dalam suatu hotel atau gedung pertemuan sering ada lebih dari 1 resepsi pernikahan.
  • Untuk pengisian buku tamu, antrilah sesuai urutan kedatangan . Serahkan amplop atau kado anda. Jangan lupa perhatikan tatacara pengelolaan hadiahnya.Jika amplop diberikan nomor (biasanya sesuai nomor tamu pada buku tamu), sebaiknya anda memastikan bahwa amplop anda sudah diberikan nomor oleh penerima tamu.
  • Untuk pemilihan tempat duduk, perrhatikan juga jika ada kode tamu dan tempat duduk, pastikan diri anda dan pasangan/teman memperoleh kode tempat duduk. Jangan duduk di tempat yang tidak sesuai dengan kode tempat duduk anda. Jika tidak ada kode tamu atau kode tempat duduk, anda dapat bebas memilih tempat duduk .
  • Dalam hal tidak ada kode tempat duduk tetapi anda  anda diberitahu olh tuan/nyonya pesta bahwa anda disediakan meja khusus, setelah mengisi buku tamu, katakan pada penerima tamu meja tempat duduk anda (Sesuai informasi dari tuan/nyonya pesta).
  • Jika anda tidak diberikan meja khusus, sebaiknya tidak duduk dimeja khusus. Karena biasanya meja khusus diisi oleh kelompok tamu tertentu, dan anda akan menjadi asing berada satu meja dengan komunitas tertentu dan lebih ekstrim lagi jika tamu pada meja itu memang sudah ditentukan. Kebayang kan apa yang saya maksud
  • Pada saat memasuki ruangan pesta, duduklah langsung di tempat duduk., Memberikan ucapan selamat disesuaikan dengan bagaimana pesta diatur. Biasanya setelah acara makan. 
  • Jika anda adalah tamu kehormatan, jabat tangan ucapan selamat dapat dilakukan setelah anda memasuki ruangan pesta. Hal ini juga berlaku jika anda termasuk anggota rombongan tamu kehormatan.
  • Tetapi jika anda bukan tamu kehormatan, walaupun memperoleh meja khusus dari tuan/nyonya pesta, sebaiknya untuk jabat tangan ucapan selamat, jangan nerobos mengikuti rombongan tamu kehormatan. 
  • Jika pada mata acaranya ada toast/bersulang, lakukanlah itu sesuai tata caranya. Bagaimana tata caranya, simak artikel Simak artikel tata cara toast/bersulang
  • Jika menu yang dihidangkan adalah set menu, maka anda tinggal menunggu di meja masing masing dan tunggu dilayani oleh para pramusaji
  • JIka makanan dihidangkan secara buffet atau prasmanan, ambillah makan dengan teratur. Jangan berdesak desakan.
  • Untuk pesta yang menyediakan pork, perhatikan keterangan di meja makan. Jika anda umat muslim, ambillah makanan di tempat yang ada keterangan “Nasional”, karena kalau tidak ada keterangan, mungkin pada meja itu terhidang makanan yang mengandung pork. Tetapi biasanya hal ini ditegaskan lagi oleh pembawa acara.
  • Sehabis makan jangan menaruh piring kotor atau gelas kotor di lantai atau karpet.
  • Jangan membawa pulang makanan/kue, walau hanya kue kecil sekalipun. Apapun itu alasannya. Sering saya melihat banyak ibu ibu suka membungkus kue kue kecil, dibungkus dengan tissue dan dimasukkan dalam tas... Ow jangan lakukan itu.
  • Jika tamu yang hadir sangat banyak, pada saat akan pulang, anda tidak perlu berpamitan pada tuan/nyonya pesta. 


Simple kan?


Yuk simak artikel etiket lainnya

No comments:

Post a Comment