Sunday, September 20, 2015

Etiket menghadiri resepsi



Pahami etiket dalam menghadapi resepsi, agar tampil dengan elegan. Yuk simak ..

Etiket dalam menghadiri resepsi


Etiket dalam menerima undangan resepsi 
  • Jika anda menerima undangan resepsi, perhatikan tulisan pada undangan. Jika ada  tulisan RSVP.
  • RSVP adalah singkatan dari Respondenz S’ll Vous Plait yang berarti harap dijawab. Jadi sifat undangan ini berdasarkan konfirmasi. Anda sebagai yang diundang diwajibkan menjawab undangan.
  • Berikan jawaban anda secepat mungkin apakah anda akan hadir atau tidak
  • Menjawab undangan itu harus kepada contact person yang tertera dalam kartu undangan, jangan menjawabnya kepada orang lain walaupun itu pihak keluarga
  • Jangan sampai tidak menjawab undangan itu, karena anda akan dinilai sangat tidak sopan
  • Tetaplah berkata dengan sopan dalam hal menerima atau menolak undangan. Jadi walaupun itu teman dekat,berbicara dengan nada santai tetapi jangan becanda. 
  • Ini sedikit kejadian konyol jika menjawab konfirmasi undangan dengan becanda. Dalam suatu resepsi yang akan di selenggarakan di Bali (penyelenggara pesta tidak berdomisili di Bali), penyelenggara pesta sudah melakukan sounding (undangan secara tidak formal) sejak beberapa bulan sebelum hari H, dengan maksud agar para tamu dapat menyesuaikan jadwal kegiatannya dengan saat diselenggarakan resepsi dan diharapkan bisa hadir. Pada saat sounding, penyelenggara pesta menelpon temannya meminta untuk menyisihkan waktu guna menghadiri acara tersebut. Sambil bercanda, calon tamunya mengatakan bahwa dia tidak bisa hadir karena tempatnya yang terlalu jauh. Maksud calon tamu itu hanya becanda, karena berpikir bahwa penyelenggara pesta adalah teman dekatnya, dan sebetulnya yang bersangkutan ingin hadir.1 bulan menjelang hari H, kartu undangan sudah diedarkan. Calon tamu yang dimaksud di atas menunggu dengan harap harap cemas, koq kartu undangannya belum tiba.Karena penasarannya dan karena juga merasa hubungan pertemannya sangat dekat dengan penyelenggara pesta, pada H-14, calon tamunya kemudian menanyakan, koq kartu undangannya belum tiba. Dan betapa kagetnya, si calon tamu, karena penyelenggara pestanya menjawab (dengan nada sopan tentu saja), bahwa namanya sudah dicoret dari daftar tamu karena saat sounding sudah menyatakan tidak akan hadir.
  • JIka anda mendadak tidak dapat hadir, sedangkan sudah terlanjur menyatakan hadir, sebaiknya hubungi penyelenggara acara dan beritahulah dengan sopan bahwa anda mendadak membatalkan kedatangan. Bahasa harus sehalus dan sesopan mungkin agar tidak mempengaruhi kwalitas pertemanan anda.


Apakah undangan dapat diwakilkan? 
  • Sebaiknya konfirmasikan pada penyelenggara acara, karena sering juga undangan ini  diberikan adalah untuk kebersamaan dalam kaitannya dengan pertemanan.


Perhatikan dalam kapasitas apa anda diundang
  • Jika anda diundang dalam kapasitas sebagai teman SMA, teman kuliah dan sebagainya, sebaiknya undangan jangan diwakilkan. Tetapi jika anda diundang dalam kapasitas mewakili instansi tempat anda bekerja, ada kemungkinan dapat diwakilkan. Tetapi sebaiknya konfirmasikan dulu kepada penyelenggara acara


Yakinkan anda datang memang keadaan di undang atau kemungkinan untuk anda datang bersama dengan teman anda
  • Dalam menghadiri resepsi jangan asal ikut dengan teman. Jika akan ikut dengan teman,pastikan sifat resepsi. Jangan sampai dalam resepsi itu para undangan sudah diatur tempat duduknya dan akibatnya anda tidak mendapat tempat duduk alias tamu tidak terdaftar.

Cara berpakaian
  • Usahakan memakai pakaian sesuai dengan dress code (jika memungkinkan). Jika tidak,  datanglah dengan berpakaian sopan dan rapih tidak memakai sandal.

Wanita hamil lebih dari 3 bulan

  • Untuk kaum pria, jika istri sedang hamil lebih dari 3 bulan sebaiknya jangan dibawa serta. Jadi bagi ibu ibu, jangan langsung ngamuk ya jika dalam keadaan hamil 3 bulan ke atas terus tidak diajak suami untuk menghadiri resepsi.


Pemilihan tempat duduk
  • Jika resepsi menggunakan kode tempat duduk, pastikan bahwa anda menduduki kursi sesuai dengan nomor tamu anda.
  • Duduk pada meja yang ditentukan (jika anda dan kelompok sudah disediakan meja khusus)
  • Jika anda bukan merupakan tamu yang disediakan meja khusus, duduklah di tempat yang tidak ada peruntukan khususnya 

Hindari dating terlambat.


Simak artikel lain yuk

No comments:

Post a Comment